Vitamin Untuk Menjaga Masa Kehamilan Ini Penting Dipenuhi!

Vitamin untuk menjaga masa kehamilan menjadi barang yang penting untuk dikonsumsi dan dipenuhi. Cara terbaik untuk bisa mendapatkan vitamin dan mineral ini yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat dan beragam secara teratur. Sebagian wanita hamil selain dari makanan juga membutuhkan suplemen kehamilan untuk memenuhi kekurangan tersebut. Suplemen itu sendiri biasanya mengandung vitamin dan mineral yang cukup kompleks. Namun, ada kandungan penting yang harus benar-benar terpenuhi karena sangat diperlukan oleh wanita hamil, diantaranya yaitu asam folat, vitamin D, kalsium dan juga zat besi.

Vitamin Untuk Menjaga Masa Kehamilan

  1. Asam folat

Asam folat sangat diperlukan untuk mencegah cacat pada sistem saraf bayi atau dikenal dengan sebutan neural tube defect (NTD). Waktu berkembangnya NTD biasanya pada 28 hari pertama setelah pembuahan. Pada saat itu, sebagian wanita bahkan belum menyadari bahwa sebenarnya mereka sudah hamil. Oleh karena itu, bagi wanita yang sedang menjalani program kehamilan, sangat disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 400 mikrogram asam folat setiap harinya hingga kehamilan setidaknya mencapai umur 3 bulan. Konsumsi asam folat bisa dimulai sebelum kehamilan untuk mempersiapkan kehamilan yang akan terjadi. Selain dari suplemen, asam folat bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan dan jeruk.

  1. Vitamin D dan kalsium

Vitamin untuk menjaga masa kehamilan yang utama yaitu vitamin D. Anda yang sedang hamil atau yang sedang menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 10 mikrogram vitamin D setiap harinya. Selain vitamin D, Anda juga membutuhkan sekitar 200 hingga 300 miligram kalsium untuk dikonsumsi. Vitamin D dan kalsium sangat diperlukan tubuh karena berguna untuk kesehatan tulang dan gigi. Anda yang sedang hamil membutuhkan lebih banyak vitamin D dan kalsium karena akan sangat membantu pertumbuhan tulang bayi. Karena konsumsi vitamin D yang cukup pada masa kehamilan akan mencegah gigi bayi yang cepat keropos di masa kecilnya. Selain dari suplemen, Anda bisa mendapatkan vitamin D dari beberapa makanan seperti ikan salmon, telur dan daging. Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga merupakan sumber vitamin D yang mudah Anda dapatkan. Sedangkan untuk kalsium, Anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsiĀ  tahu, tempe, susu kedelai dan juga kacang merah.

  1. Zat besi

Selain vitamin untuk menjaga masa kehamilan, Anda juga membutuhkan zat besi. Kekurangan zat besi bisa menimbulkan anemia yang akan mengakibatkan Anda menjadi sering merasa pusing, lemah, lesu, wajah pucat dan mudah kecapekan. Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan resiko bayi yang terlahir prematur dan memiliki berat badan di bawah rata-rata juga meningkat. Sebelum mengkonsumsi suplemen penambah zat besi, coba untuk mengkonsumsi makanan alami terlebih dahulu. Anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau, buah kering dan juga kacang-kacangan. Karena ternyata, zat besi dari suplemen bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti konstipasi dan terganggunya penyerapan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Demikian di atas adalah vitamin yang penting untuk menjaga masa kehamilan. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *