Resiko dan Peluang Kehamilan Pasca Kuret

Kuret atau kuretasi merupakan salah satu istilah dalam dunia medis yang dikenal juga dengan sebutan dilatasi. Kuret atau kuretasi dilakukan pada wanita yang mengalami keguguran. Pasca dilakukan kuret, dokter akan meminta pasiennya dalam menjaga kehamilan yang selanjutnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya sindrom asherman. Sindrom yang satu ini, dapat terjadi ketika ada perlengketan di dalam rahim ibu. Mereka yang usai menjalani kuret disarankan untuk menjaga kehamilan pasca kuret setidaknya 6 bulan kedepan. Selain itu, dokter juga akan menyarankan pasien untuk melakukan pasang spiral demi menghindari perlengketan tersebut.

Kehamilan Pasca Kuret

Salah satu hal yang banyak ditanyakan seorang wanita adalah bagaimana resiko dan peluang kehamilan pasca kuret. Perlu diketahui, jumlah keguguran dapat berpengaruh pada peluang kehamilan dari waktu ke waktu. Penyebab keguguran sebelumnya juga memiliki pengaruh pada peluang kehamilan dari seorang wanita. Untuk mendapatkan kehamilan yang selanjutnya, kondisi tubuh seorang wanita juga harus diperhatikan. Tubuh wanita dianggap sudah siap menerima kehamilan yang baru ketika hormon di dalam tubuh berada pada tingkat tertinggi. Tingginya tingkat hormon dapat menyebabkan infertilitas berkurang dan meningkatnya kesuburan. Peluang kehamilan setelah keguguran dapat juga meningkat ketika seorang wanita mengubah pola makannya sehari- hari. Konsumsi menu sehat dengan banyak kandungan asam folat untuk menyehatkan tubuh ibu serta calon bayi. Asam folat sendiri, bisa ditemukan pada makanan berupa kacang- kacangan, jeruk, pisang, alpukat hingga sayuran berupa brokoli dan bayam.

Seorang wanita yang menginginkan kehamilan pasca kuret ada baiknya memulihkan diri terlebih dulu entah dari segi fisik ataupun mentalnya. Keguguran umumnya menimbulkan rasa sedih, marah dan bersalah pada diri sendiri. Jika memang merasa demikian, sebaiknya atasi perasaan- perasaan negatif tersebut sebelum mencoba untuk hamil lagi. Setelahnya, lakukan konsultasi pada dokter kehamilan untuk mencari tahu cara dan langkah yang tepat dalam mendapatkan kehamilan anda. Seorang wanita dengan kondisi fisik dan mental yang bagus, ada kemungkinan jika dia tidak memerlukan waktu yang terlalu lama untuk kembali mendapatkan kehamilan.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *