Perencanaan Kehamilan Pasca Kuret? Simak Tipsnya di Bawah Ini

Kuret memang suatu hal yang kurang disukai bagi para wanita. Tidak sedikit literatur yang menunjukkan bahwa seorang wanita yang baru saja mengalami keguguran dan dikuret harus menunggu antara 3 bulan hingga 6 bulan untuk hamil kembali. Saran ini memang diberikan dengan tujuan supaya wanita yang baru dikuret ini kondisinya bisa benar-benar pulih terlebih dahulu sebelum menjalani kehamilan yang selanjutnya dan agar kehamilannya bisa berlangsung tanpa resiko komplikasi. Apakah Anda saat ini juga mengalami hal yang demikian dan ingin segera hamil kembali? Jika jawabannya adalah iya, supaya Anda bisa benar-benar mendapatkan informasi yang akurat mengenai diri Anda sendiri, ada baiknya Anda dan pasangan berkonsultasi dengan dokter yang sebelumnya menangani Anda, kapankah waktu terbaik untuk Anda melakukan perencanaan kehamilan pasca kuret ini.

Perencanaan Kehamilan Pasca Kuret

Pada dasarnya, seorang wanita yang mengalami keguguran, peluang untuk bisa hamil kembali bisa saja meningkat dan bisa saja tetap, tergantung pada kondisi tubuh wanita itu sendiri. Nah, setelah Anda melakukan konsultasi dengan dokter terkait perencanaan kehamilan pasca kuret seperti yang sudah kami sebutkan di atas sebelumnya, tak ada salahnya juga Anda memperhatikan beberapa tips yang kami bagikan di bawah ini untuk mendukung kesuksesan program kehamilan Anda. Adapun beberapa tips yang kami maksud adalah sebagai berikut:

  1. Pulihkan kondisi fisik Anda terlebih dahulu, karena kondisi ideal untuk hamil adalah fisik harus berada dalam kondisi yang optimal. Kaitannya dengan pemulihan kondisi fisik ini, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi untuk mengganti zat besi yang hilang karena kehilangan banyak darah pada saat keguguran dan kuretasi.
  2. Beri tubuh Anda asupan nutrisi yang tepat seperti karbohidrat kompleks, asam folat dan kalsium untuk memaksimalkan kembali kinerja organ reproduksi Anda.
  3. Berhubungan seks secara teratur di waktu yang tepat juga bisa menunjang berhasilnya program kehamilan. Terlalu memaksakan diri kurang baik jika anda belum benar-benar siap untuk hamil lagi.
  4. Jangan biarkan diri Anda merasa stress akibat keguguran yang Anda alami sebelumnya, karena hal ini akan membuat kinerja hormon reproduksi menjadi terganggu

Kondisi fisik dan mental atau psikologis yang bagus akan mendukung keberlangsungan program kehamilan anda. Oleh karena itu pastikan anda telah benar-benar pulih pasca kuret. Nah, itulah beberapa tips yang bisa kami bagikan kepada Anda yang tengah melakukan perencanaan kehamilan pasca kuret. Semoga bermanfaat.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *