Penting! Ini Makanan Bagi Tumbuh Kembang Janin

Makanan bagi tumbuh kembang janin sebenarnya sama dengan makanan yang diperlukan oleh wanita hamil kebanyakan. Wanita hamil memiliki dua tanggung jawab sekaligus, pertama ia harus memenuhi kebutuhan asupan gizi untuk dirinya dan yang kedua untuk janin yang ada di dalam kandungannya. Dari makanan yang ada, beberapa diantaranya ada yang harus Anda hindari selama masa hamil. Lantas, makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi oleh wanita hamil agar janinnya dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan normal?

Makanan Bagi Tumbuh Kembang Janin

Tentu Anda sudah tau bahwa ibu hamil membutuhkan asam lemak omega-3 lebih banyak dari wanita biasa. Salmon menjadi salah satu makanan bagi tumbuh kembang janin yang patut Anda konsumsi. Selain tergolong ikan yang rendah merkuri, ikan jenis ini mengandung banyak asam lemak omega-3. Namun Anda juga jangan terlalu berlebihan saat mengkonsusinya. Selain itu, makanan yang mengandung protein dan serat juga sangat baik untuk tumbuh kembang janin Anda. Kebutuhan protein dan serat ini bisa Anda peroleh dari kacang-kacangan. Makanan jenis ini ternyata juga mengandung zat besi, folat, kalsium dan juga zink yang tentunya juga diperlukan tubuh Anda selama proses kehamilan.

Anda juga bisa mengkonsumsi ubi jalar sebagai alternatif pilihan jika bosan dengan menu makanan yang ada. Ubi jalar sendiri mengandung karotenoid yang bisa diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Selain itu, makanan ini juga merupakan sumber vitamin C, folat dan juga serat. Makanan bagi tumbuh kembang janin berikutnya yaitu biji-bijian. Makanan sehat ini mengandung tinggi serat dan nutrisi, vitamin E, selenium dan juga fitonutrien. Yang tak kalah penting yaitu mengkonsumsi sayuran hijau yang akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, C dan K. Pertumbuhan otak bayi juga akan sangat dibantu dengan mengkonsumsi cukup daging sapi. Daging jenis ini mengandung protein dan kolin. Akan tetapi, sekali lagi, pastikan jika daging yang akan Anda konsumsi sudah dimasak dengan matang dan benar sehingga bakteri yang ada di dalamnya sudah mati.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *