Persiapkan Diri Ibu dengan Mengetahui Ciri Kehamilan Yang Sehat Ini!

Kehamilan yang sehat sudah tentu menjadi dambaan bagi para calon ibu. Untuk itu, demi menjaga kesehatan fisik dan psikis janin, ibu hamil sangat berhati-hati dengan kehamilannya tersebut. Untuk itu, seorang ibu hamil sangat disarankan untuk mengetahui ciri-ciri kehamilan yang masuk dalam kategori sehat. Lantas, apa saja yang menjadi ciri-ciri kehamilan sehat tersebut? Berikut penjelasannya!

Kehamilan Yang Sehat

  1. Ukuran buah dada

Konsisi payudara yang semakin membesar dan kencang merupakan salah satu ciri kehamilan yang Anda alami berjalan normal dan sehat. Hal ini berhubungan dengan tubuh yang sedang mempersiapkan produksi ASI.

  1. Morning Sickness

Ciri kehamilan yang sehat selanjutnya yaitu terjadinya morning sickness. Gejala ini ditandai dengan mual dan muntah yang biasanya terjadi di awal kehamilan dan akan berhenti jika usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua.

  1. Tekanan darah dan kadar gula

Tekanan darah dan kadar gula ibu hamil selama masa kehamilan juga bisa dijadikan indikasi kehamilan tersebut tergolong sehat atau tidak. jika peningkatan tekanan darah masih wajar dan tak memberikan pengaruh terhadap kesehatan sang ibu dan janin, maka Anda tak perlu merasa khawatir. Namun jika yang terjadi sebaliknya, Anda perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

  1. Pertumbuhan janin

Cara yang paling ampuh untuk mengetahui pertumbuhan janin apakah normal atau tidak yaitu dengan melakukan pengecekan dengan tes USG. Pada kehamilan yang sehat, janin tersebut akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia kehamilannya.

  1. Pergerakan Janin

Adanya pergerakan janin juga menjadi salah satu ciri kehamilan tersebut sehat dan normal. Pergerakan janin ini biasanya sudah mulai dirasakan oleh ibu hamil pada minggu ke-6 hingga ke-10. Anda perlu berhati-hati atau merasa khawatir jika pada akhir trimester pertama terjadi pelemahan pergerakan janin, karena ini bisa mengindikasikan ada yang tak wajar dengan kondisi janin dan kehamilan Anda. Segeralah periksa ke dokter.

Itulah ulasan singkat beberapa ciri kehamilan yang sehat dan normal. Asupan makanan yang bergizi perlu diperhatikan untuk tetap menjaga kesehatan dan tumbuh kembang  janin beserta  ibunya. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan untuk memantau perkembangan janin Anda.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *