Kehamilan di Luar Rahim, Penyebab dan Ciri-Cirinya

Kehamilan di luar rahim atau yang disebut juga dengan kehamilan ektopik adalah menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada organ selain rahim. Memang, sel telur ini bisa tumbuh di organ tersebut namun sel telur ini tidak mampu menjadi janin mengingat tempat yang paling cocok untuk janin adalah rahim. Setiap perempuan memang memiliki resiko yang sama untuk mengalami hal ini, tetapi perempuan yang memiliki infeksi atau rentan terkena infeksi lebih beresiko untuk mengalaminya. Lalu apa sih yang menyebabkan kondisi ini bisa terjadi?

Kehamilan Di Luar Rahim

Penyebab paling umum pada kehamilan di luar rahim adalah rusaknya tuba falopi yang bisa diakibatkan oleh inflamasi atau peradangan. Rusaknya tuba falopi ini jelas akan menghalangi sel telur yang sudah dibuahi tadi untuk bisa masuk ke dalam rahim sehingga kemudian sel telur akan menempel pada tuba falopi ataupun organ yang lainnya. Disamping itu, kehamilan semacam ini juga bisa dipicu oleh kadar hormon yang tidak seimbang atau bisa juga dipicu oleh perkembangan sel telur yang telah dibuahi tadi secara tidak normal. Nah, selain kehamilan yang bisa terjadi di saluran tuba falopi, ada kemungkinan kehamilan bisa terjadi pada organ yang lainnya seperti leher rahim, rongga perut atau ovarium.

Wanita yang mengalami kehamilan di luar rahim beberapa diantaranya ada yang tidak mengalami gejala apapun sehingga mereka agak terlambat menyadarinya. Biasanya mereka akan menyadarinya setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter karena adanya masalah pada tuba falopi ini. Namun, sebenarnya setiap wanita bisa mendeteksi kondisi ini sejak awal dengan cara mengetahui ciri-cirinya, antara lain:

  1. Wanita terlambat mengalami haid seperti kehamilan pada umumnya
  2. Munculnya rasa sakit yang sangat hebat pada salah satu sisi perut dimana sakit ini
  3. Terjadinya pendarahan baik itu berwarna merah terang maupun merah gelap, dimana pendarahan ini berbeda dari pendarahan yang biasanya
  4. Munculnya rasa nyeri pada bahu dan ini termasuk ciri-ciri yang jarang terjadi

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *