Kehamilan dengan Penyakit Kista, Apakah itu Berbahaya?

Setiap orang yang tengah menantikan kehadiran seorang bayi pasti akan selalu memperhatikan kesehatan calon ibu serta janin yang ada di kandungannya. Namun, ada banyak hal yang bisa saja terjadi pada ibu serta bayi pada masa kehamilannya, salah satunya adalah dengan kemunculan kista pada indung telur sang ibu yang disebut dengan kista ovarium. Tidak sedikit orang tua yang merasa gugup jika mengetahui hal ini, namun yang perlu dipahami adalah bahwasanya kista ovarium merupakan sejenis tumor jinak dan jarang sekali ada kasus dimana kista ovarium ini bersifat ganas. Lalu, apa sih yang harus kita lakukan jika ada diantara kita yang mengalami kehamilan dengan penyakit kista ini?

Kehamilan Dengan Penyakit Kista

Oke, sebelum kami menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu kami akan menyampaikan bahwa kehamilan dengan penyakit kista ini bisa dibedakan menjadi 2 jenis yakni, kista yang memang diakibatkan oleh kondisi yang tidak normal dan kista yang memang ada secara alami atau fisiologi. Nah, kista yang terbentuk saat hamil ini sebenarnya tidak berbahaya baik itu untuk calon ibu maupun untuk janinnya, hanya saja, kista ini tetap memiliki resiko untuk menimbulkan rasa sakit yang diakibatkan oleh kram perut. Selain itu, kista juga juga akan mengalami penyusutan pada ukurannya setelah kehamilan menginjak usia 10 minggu, dan pada minggu kesebelas ada kemungkinan kista juga akan menghilang.

Namun, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuknya, ada baiknya jika kita melakukan pemeriksaan secara dini saat awal kehamilan pada dokter spesialis kandungan, untuk selanjutnya melakukan pemantauan secara rutin untuk melihat ukuran kista tersebut. Jika hasil pemantauan menunjukkan bahwa kista yang diderita ternyata mengecil, tentu kita bisa bernapas lega. Tetapi jika yang terjadi adalah sebaliknya, minta saran terbaik pada dokter karena bila kista semakin berkembang dan justru dibiarkan akan berpengaruh pada janin dan bisa menimbulkan sesak napas. Nah, dengan penjelasan ini, pertanyaan mengenai apa yang harus dilakukan dalam menghadapi kehamilan dengan penyakit kista sudah terjawab bukan? Semoga ulasan dari kami ini semakin bisa menambah wawasan Anda dan semoga bermanfaat.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *