Hamil di Trimester Pertama,3 Hal ini harus diperhatikan!

Hamil di trimester pertama tentu sangat penting, tiga hal yang harus diperhatikan ibu akan kami perkenalkan ke pembaca di bawah ini yang merupakan rahasia ibu hamil yang sehat sejak saat pembuahan. Ibu hamil selalu ingin melahirkan bayi yang sehat, tapi juga tidak senang dengan ketidaknyamanan akibat kehamilan kan? Silakan merujuk ke artikel ini menjaga kesehatan kehamilan dengan baik.

  1. Belajar menyeimbangkan mood Anda

Saat hamil tubuh wanita akan memiliki banyak perubahan dalam fisiologi dan psikologi. Terutama pada tahap awal kehamilan, wanita mudah lelah, stress, kesal, marah, mudah tersentuh Penyebabnya adalah karena perubahan metabolisme tubuh dan perubahan kadar hormon. Estrogen dan progesteron dapat menyebabkan gangguan psikologis. Selain itu, kegelisahan, kegugupan juga mempengaruhi psikologi wanita. Agar tetap rileks selama periode ini, Anda harus:

  • Lihat buku, buletin untuk mengetahui tentang perubahan yang terjadi di tubuh selama tahap awal kehamilan.
  • Jika Anda masih merasa cemas, sedih dapat menemukan kerabat atau seseorang yang berpengalaman untuk menceritakan dan berbagi.
  • Luangkan waktu untuk bersantai, rileks, olahraga seperti musik ringan, jalan kaki, tidur.
  • Jangan terlalu banyak bekerja.
  • Berbicara dengan suami dan anggota keluarga Anda agar keluarga Anda tetap harmonis sangat penting.
  • Jika keadaan lelah, ketegangan, kesedihan jangka panjang dan situasinya tidak membaik, Anda harus menemui dokter. Dokter akan memiliki beberapa saran bermanfaat karena wanita terkadang menderita depresi selama periode ini.Hamil Di Trimester Pertama, 3 Hal Ini Harus Diperhatikan
  1. Suplemen memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit yang bisa membahayakan janin

Sistem kekebalan tubuh pada tahap awal kehamilan biasanya turun sehingga sangat umum selama kehamilan seperti infeksi, batuk, pilek, flu. Tahukah Anda bahwa dengan sistem kekebalan tubuh Sistem kekebalan bayi Anda akan terbentuk sangat dini, selama kehamilan. Agar memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat, ibu perlu memperhatikan kesehatan, nutrisi dan istirahat yang tepat.

 

  • Nutrisi ibu hamil

Nutrisi yang baik selama kehamilan memegang peranan penting dalam menjamin kesehatan ibu hamil di trimester pertama, persalinan, dan perawatan pascapersalinan. Pada kehamilan, ibu diberikan nutrisi yang cukup untuk memastikan janin berkembang dengan baik dan untuk mencegah beberapa cacat. Dibandingkan dengan normal, jumlah kkal yang dibutuhkan sekitar 25% lebih tinggi dari biasanya, sehingga ibu hamil perlu:

  • Makanlah banyak makanan, cukup protein, tepung, lemak, mineral, vitamin.
  • Wanita hamil membutuhkan protein lebih banyak, protein yang baik untuk wanita hamil dalam daging, ikan, telur, susu, keju, sereal, kacang-kacangan.
  • Tambahkan vitamin, nutrisi penting (seperti zat besi, kalsium, asam folat) dengan saran dokter. Jangan gunakan obat sendiri.
  • Jangan makan menu yang monoton, perlu diversifikasi menu. Perhatikan bahwa nutrisi jika suplemen melebihi kebutuhan tidak akan baik.
  • Tidak merokok, alkohol, bir, kopi saat hamil.
  • Hindari makanan berlemak tinggi, kolesterol.
  • Berolahraga menjadi sehat dan santai

Konsep banyak orang selama kehamilan butuh istirahat mutlak namun kenyataannya terbukti, latihan dengan baik dan moderasi akan membawa banyak manfaat. Olahraga membantu Anda tetap sehat, mengurangi kelelahan, membuat kelahiran mudah, membantu kenyamanan mental dan membatasi depresi selama kehamilan dan pascapersalinan. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa anak-anak terlahir lebih sehat dan cenderung mengalami obesitas jika selama hamil, ibu berolahraga secara teratur.

Beberapa program kebugaran untuk wanita hamil termasuk berjalan kaki, berenang, yoga, latihan sederhana.

  1. Hubungan seksual selama kehamilan dengan lembut untuk menghindari keguguran

Pada prinsipnya, hubungan suami istri pada awal kehamilan tidak tabu. Namun, pada tahap awal, embrio sedang dalam tahap pengembangan, tidak dalam keadaan stabil, sehingga rentan terhadap keguguran, jadi disarankan untuk menjaga agar kehidupan seks tetap moderat. Koordinasi yang tepat, gerakan harus lembut, jika ada darah atau kelainan apapun yang terjadi segera ke dokter.

Pada tahap awal kehamilan, ibu mungkin mengalami banyak ketidaknyamanan akibat perubahan hormonal, disamping itu, janin rapuh sehingga sangat penting untuk dilindungi. Tiga masalah kehamilan yang perlu diperhatikan saat hamil di trimester pertama di atas akan membantu ibu sehat baik secara fisik maupun mental.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *