Ciri Kehamilan Usia 3 Bulan

Saat kehamilan usia 3 bulan, embrio yang ada dalam kandungan berubah menjadi bakal janin dan bentuknya sudah menyerupai manusia. Pada saat inilah, ibu hamil sudah bisa merasakan pergerakan janin di dalam perutnya, walaupun begitu teratur dan terasa. Usia kandungan ini sangat rentan terhadap terjadinya keguguran, oleh karena itu sang ibu harus ekstra hati-hati dalam menjaga janinnya misalnya dalam memilih asupan makanan. Lantas, ciri apasaja yang dapat Anda rasakan saat usia kehamilan memasuki minggu ke-12 atau usia sudah mencapai 3 bulan?

Kehamilan Usia 3 Bulan

Bagi seorang ibu yang sedang mengandung, tentu harus mengetahui perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya. Ini harus dikontrol untuk mengetahui apakah janin tumbuh dan berkembang secara normal dan sehat atau tidak. Sebagai informasi, saat usia janin mencapai usia 3 bulan, ada beberapa perubahan yang akan terjadi. Saat usia ini, janin cenderung telah emmiliki wajah yang dilengkapi dengan mata, hidung serta organ lain. Janin tersebut juga sudah dilengkapi dengan 32 macam bakal gigi secara permanen. Pada saat kehamilan usia 3 bulan, janin sudah memiliki jar-jari kecil lengkap dengan kuku-kuku kecil. Walaupun sudah mulai terbentuk alat kelamin saat usia 2 bulan, namun belum bisa berkembang secara sempurna sehingga pada usia 3 bulan belum bisa diketahui secara pasti jenis kelamin dari bakal bayi tersebut. Saat usia kehamilan sudah mencapai 3 bulan, tulang dan otot pada janin juga sudah terbentuk dengan sempurna. Janin sudah bisa bergerak karena beberapa syaraf dan otak mulai bisa difungsikan. Saat usia kehamilan 3 bulan, janin sudah mulai belajar menghisap, menelan bahkan melakukan aktifitas buang air kecil. Di usia ini, janin diketahui juga sudah bisa menguap.

Di kehamilan usia 3 bulan ini, Anda sudah bisa merasakan perubahan berat badan. Mood Anda juga akan mudah berubah karena pengaruh produksi hormon yang tidak stabil. Di usia kehamilan ini, Anda juga akan merasakan adanyaketidaknyamanan di bagian organ pencernaan akibat aliran darah ke janin yang semakin meningkat. Namun, rasa lelah dan capek saat awal kehamilan akan sedikit berkurang. Anda sudah bisa melakukan aktifitas fisik kecil seperti melipat pakaian atau menyetrika.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *