Ciri- ciri Kehamilan Fisiologis Trimester 1

Kehamilan merupakan hal yang ditunggu- tunggu terlebih bagi mereka yang belum memiliki momongan. Kehamilan sendiri memiliki gejala awal yang berpengaruh pada keadaan tubuh seorang wanita secara keseluruhan. Kehamilan Fisiologis Trimester 1 bukan hanya membuat perubahan pada satu anggota tubuh saja melainkan juga pada seluruh sistem organ.

Kehamilan Fisiologis Trimester 1

Berikut akan dijelaskan ciri Kehamilan Fisiologis Trimester 1 yang penting untuk ibu ketahui:

Sistem reproduksi

Salah satu perubahan yang terjadi pada ibu hamil adalah pada organ reproduksinya. Perubahan tersebut bisa mencakup bagian ovarium, vagina, uterus dan lain- lain.

Sistem endokrin

Perlu ibu ketahui, kehamilan juga berdampak pada korpus luteum dalam ovarium yang menghasilkan estrogen serta progesteron. Hal ini berfungsi dalam mempertahankan pertumbuhan desidua sekaligus mencegah terjadinya pelepasan juga pembebasan atas desidua tersebut.

Perubahan payudara

Perubahan pada payudara disebabkan oleh peningkatan progesteron, laktogen plasental, estrogen serta prolaktin di dalam tubuh. Akibatnya payudara menjadi lebih sensitif dan mudah merasa geli hingga terasa nyeri yang cukup tajam. Perubahan pada payudara juga bisa dilihat dari terbentuknya warna merah muda sekunder pada area areola Selain itu, puting susu dari ibu hamil juga lebih erektil.

Sistem pencernaan

Pada masa awal kehamilan, wanita dapat mengalami morning sickness atau mudah mual dan muntah. Penyebab morning sickness sendiri masih belum diketahui namun diduga disebabkan oleh peningkatan hormon pada tubuh. Gejala mual dan muntah sebaiknya diwaspadai jika berlangsung lebih dari 14 minggu atau jika gejalanya cukup parah.

Sistem pernafasan

Terjadinya adaptasi ventilasi dan struktural di masa kehamilan memiliki tujuan dalam menyediakan kebutuhan oksigen bagi ibu dan janinnya. Dalam hal ini, kebutuhan ibu atas oksigen menjadi lebih meningkat akibat respon dari laju metabolik serta meningkatnya kebutuhan oksigen oleh uterus. Keadaan uterus yang membesar dapat memicu terdorongnya diafragma sehingga mengubah bentuk toraks namun tidak mengurangi kapasitas dari paru- paru.

Terjadinya Kehamilan Fisiologis Trimester 1 dapat terjadi mengingat tubuh ibu perlu menyesuaikan kondisi tubuh dengan kebutuhan janin yang ada di dalam perutnya.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *