Ciri- ciri Kehamilan di Luar Kandungan

Ciri- ciri kehamilan di luar kandungan, merupakan hal yang penting untuk diketahui. Hal ini dilakukan supaya ibu tidak kecolongan lantaran kehamilannya tengah mengalami gangguan. Kehamilan yang terjadi di luar kandungan atau dikenal juga dengan kehamilan ektopik, dapat terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada organ lain selain pada rahim. Jika hal ini terjadi, sel telur yang dibuahi tidak akan menjadi janin mengingat tempat yang cocok bagi janin hanyalah di dalam rahim. Terjadinya kehamilan ektopik sebaiknya segera ditangani karena bisa mengancam nyawa ibu dan janinnya.

Kehamilan Di Luar Kandungan

Beberapa ciri kehamilan di luar kandungan yang harus ibu waspadai antara lain adalah sebagai berikut:

Munculnya rasa sakit pada salah satu sisi perut

Rasa sakit yang muncul dapat terjadi pada sisi kanan ataupun sisi kiri perut. Rasa sakit tersebut umumnya akan semakin parah seiring dengan bertambahnya waktu.

Pendarahan pada vagina

Ciri lain yang harus ibu waspadai adalah terjadinya pendarahan pada vagina. Pendarahan yang terjadi merupakan jenis yang berbeda dari pendarahan ketika menstruasi. Pendarahan bisa bewarna merah terang atau bisa pula dengan warna yang gelap. Dalam hal ini, beberapa wanita tidak menyadari jika tengah hamil mengingat pendarahan yang terjadi cukup teratur dan disalahpahami dengan darah haid.

Pendarahan pada internal tubuh

Selain pada vagina, pendarahan juga bisa terjadi pada bagian internal tubuh. Pendarahan jenis ini tidak terlihat dari luar dan mampu membuat penderita mengalami penurunan tekanan darah secara tiba- tiba hingga pingsan.

Rasa nyeri pada bahu

Meski jarang terjadi namun gejala lain yang perlu diwaspadai adalah rasa nyeri yang menyerang bahu penderita. Rasa sakit biasa muncul ketika penderita berbaring dalam waktu yang cukup lama.

Sakit saat buang air kecil dan besar

Selain itu tanda kehamilan di luar kandungan di atas, tanda lainnya adalah rasa sakit yang muncul ketika penderita tengah buang air atau ketika BAB.

Gejala terjadinya kehamilan di luar kandungan yang cukup serius adalah ruptur atau disebut pula dengan runtuh. Gejala ini terjadi ketika tuba falopi pecah dan menyebabkan pendarahan pada internal. Jika sudah demikian, dokter akan melakukan pembedahan darurat supaya ibu tidak kehilangan banyak darah.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *