6 Tanda kehamilan usia 4 minggu

Saat usia kehamilan sudah mencapai usia 4 minggu, tentu Anda akan merasakan perbedaan pada tubuh Anda. Perubahan yang terjadi dapat berupa perubahan fisik dan emosional. Tanda kehamilan sendiri sebenarnya bisa dibagi menjadi 3 jenis, yaitu tanda kehamilan pasti, tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan kemungkinan. Lantas, apa saja tanda kehamilan usia 4 minggu yang harus diketahui oleh ibu hamil? Berikut sedikit ulasannya!

Kehamilan Usia 4 Minggu

  1. Mengalami telat menstruasi

Terlambat menstruasi merupakan tanda umum Anda sedang hamil, walaupun itu bukan merupakan patokan pasti. Untuk mengetahui secara pasti, Anda bisa langsung cek ke dokter kandungan atau memanfaatkan alat tes kehamilan sebagai jalan keluar terbaik.

  1. Mudah lelah dan mengantuk

Wanita yang sedang hamil cenderung akan mengalami perubahan pola tidur. Ini terjadi akibat perubahan hormon yang ada di dalam tubuh. Selain itu, pada saat umur kehamilan mencapai usia 4 minggu ibu hamil cenderung sudah mengalami perubahan fisik yang mengakibatkan lebih mudah lelah dan mengantuk.

  1. Perubahan bentuk tubuh

Wanita yang memasuki kehamilan usia 4 minggu biasanya sudah mengalami perubahan bentuk tubuh seperti perut yang semakin membesar, bagian paha, bokong dan lengan yang juga ikut membesar.

  1. Sering buang air kecil

Kondisi ini terjadi akibat rahim yang semakin membesar dan pada akhirnya menekan kandung kemih. Air seni yang dihasilkan juga akan berwarna lebih keruh dan kental.

  1. Mual tanpa muntah

Walaupun belum pasti, namun mual sangat ientik dengan tanda kehamilan pada wanita. Untuk membedakan, mual yang dialami wanita hamil biasanya tidak disertai dengan sebuah sebab dan terjadi di malam atau pagi hari saja.

  1. Kontraksi pada rahim

Kontraksi pada rahim mungkin akan terasa seperti saat wanita merasakan rasa sakit saat menstruasi. Pada kehamilan usia 4 minggu, kontraksi ini mungkin masih akan terasa. Kontraksi ini sebenarnya terjadi akibat proses penempelan pada rahim. Selain kontraksi, proses ini juga mengakibatkan pendarahan berupa flek.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *