5 Kelompok Makanan Sehat Untuk Janin

Selama proses kehamilan, Anda tentu membutuhkan banyak asupan makanan yang bergizi berkali-kali lipat dibanding biasanya. Makanan yang dikonsumsi haruslah makanan yang sehat karena makanan sehat untuk janin sangat berpengaruh pada janin yang ada di kandungan Anda. Makanan apa saja itu? Berikut beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi wanita yang sedang hamil agar tumbuh kembang janin dapat berjalan normal dan sehat.

Makanan Sehat Untuk Janin

  1. Air bening

Mengkonsumsi cukup air bening setiap hari ternyata dapat mengurangi resiko bayi terlahir secara prematur, hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebih dan juga infeksi pada kandung kemih. Dalam sehari, wanita hamil setidaknya harus mengkonsumsi kurang lebih 2,5 liter air benig atau setara degan 10 gelas.

  1. Sayur dan buah

Sebenarnya mengkonsumsi sayur dan buah tak hanyadianjuran untuk wanita yang sedang hamil saja. Namun kebutuhannya akan semakin meningkat karena yang perlu Anda penuhi tak hanya kebutuhan vitamin dan mineral untuk diri Anda sendiri, melainkan juga untuk janin yang ada di kandungan Anda. Sayuran hijau seperti bayam mengandung banyak vitamin A, K dan C serta asam folat yang baik untuk kesehatan mata.

  1. Daging tanpa lemak, ikan dan telur

Makanan sehat untuk janin selanjutnya yaitu dari golongan daging tanpa lemak, ikan dan telur. Kelompok makanan ini mengandung tinggi protein yang sangat penting untuk pertumbuhan janin, trlebih saat trimester kedua dan ketiga dalam kandungan. Kandungan kolinnya juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak dan tubuh janin.

  1. Kacang-kacangan

Makanan Kebutuhan serat dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi kacang-kacangan. Selain itu, jenis makana ini juga mengandung banyak kalsium, folat, zat besi dan seng.

  1. Susu dan produk turunannya

Pembentukan tulang bayi dapat dibantu dengan pemenuhan kalsium yang cukup. Anda dapat memperoleh kalsium dari susu dan produk turunannya seperti yogurt misalnya.

Itulah 5 kelompok makanan sehat untuk janin yang bisa kami sampaikan. Sebenarnya masih ada beberapa jensi makanan lainnya yang bisa menjadi alternatif pilihan jika Anda merasa bosan dengan menu makanan yang ada. Anda hanya tinggal mencari informasi di internet atau bertanya kepada dokter dan orang yang lebih ahli. Semoga artikel ini dapat membantu!

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *