5 Jenis Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

Makanan sehat bagi ibu hamil sangat beragam dan bisa diperoleh dari berbagai sumber. Selama proses kehamilan, suka tidak suka, Anda harus menjaga asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ada beberapa makanan yang menjadi pantangan jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena akan mengganggu perkembangan dan kesehatan janin. Lantas, makanan sehat apa saja yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Berikut sedikit ulasannya!

Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

  1. Sereal

Saat hamil, gangguan seperti mual (morning sicness) akan sering Anda alami. Gangguan ini bisa sedikit Anda atasi dengan mengkonsumsi sereal. Selain memiliki berbagai jenis variasi rasa, makanan ini juga banyak mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat dan juga kalsium. Energi juga dapat diperoleh dari gandum utuh yang juga ada di dalam sereal.

  1. Produk susu

Kandungan yang ada di dalam susu dapat membantu Anda dalam mendukung pertumbuhan jaringan baru pada bayi untuk memperbaiki jaringan yang rusak serta pembentukan otot. Protein dan mineral dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi. Susu kedelai dapat menjadi alternatif pilihan untuk mencukupi semua kebutuhan tersebut.

  1. Buah dan sayur

Sayuran hijau mengandung banyak zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janinnya. Selain itu, pada kehamilan trimester pertama membutuhkan banyak kandungan vitamin C yang bisa diperoleh dari jus jeruk.

  1. Ikan

Makanan sehat bagi ibu hamil selanjutnya yaitu ikan. Ikan dapat membantu Anda dalam pemenuhan akan kebutuhan protein dan lemak omega 3. Protein dan lemak omega 3 ini sangat diperlukan untuk proses pembentukan otak janin. Akan tetapi, sebisa mungkin hindari mengkonsumsi ikan mentah karena rentan dengan kandungan merkuri dan dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dalam tubuh.

  1. Kacang-kacangan

Makanan jenis ini sangat membantu dalam pengembangan sistem saraf pada bayi. Misalnya mengkonsumsi kacang hijau dapat memenuhi kebutuhan asam folat dan vitamin B. Selain itu, mengkonsumsi kacang-kacangan juga berguna untuk memenuhi energi dan kekebalan tubuh ibu hamil.

Itulah 5 jenis makanan sehat bagi ibu hamil yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan serta tumbuh kembang janin yang ada di kandungan Anda. Semoga artikel ini bisa membantu.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *