Ketahui Kehamilan Anda dengan 4 Tanda-Tanda Kehamilan Ini!

Tanda-tanda kehamilan yang utama dan sering dijadikan patokan yaitu telat haid atau menstruasi. Namun, sebagian wanita yang sudah lama menunggu untuk bisa memiliki momongan cenderung tak sabar dan mencari informasi mengenai tanda-tanda lain sebelum telat haid terjadi. Berikut akan disebutkan beberapa tanda kehamilan yang biasanya terjadi sebelum mengalami telat haid tersebut. simak ulasannya di bawah ini!

Tanda-Tanda Kehamilan

  1. Sensitif terhadap bau

Berubahnya respon tubuh terhadap bau atau aroma bisa dijadikan salah satu indikasi Anda mengalami kehamilan. Jika Anda biasanya suka dengan aroma makanan tertentu, kemungkinan saat awal kehamilan kebiasaan tersebut akan berubah. Anda justru akan merasa mual, enek dan ingin menghindarinya. Walaupun belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun kemungkinan ciri ni timbul akibat pengaruh hormon progesteron yang meningkat di awal kehamilan.

  1. Kram perut

Tanda kehamilan sebelum telat haid yang kedua yaitu terjadinya kram perut. Ini bisa terjadi akibat telur yang dibuahi sedang mengambil posisi, implantasi pada rahim. Implantasi ini terjadi antara 8 hingga 10 hari setelah ovulasi atau sekitar 4 hingga 6 hari sebelum siklus menstruasi selanjutnya terjadi.

  1. Bercak ringan (flek)

Spotting mungkin sudah sering Anda alami sebelum memasuki waktu haid. Namun ternyata, spotting (ngeflek ringan) yang diikuti dengan gejala dan tanda kehamilan lain bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan. Bercak darah yang timbul diyakini berasal dari proses implantasi sel telur yang dibuahi ke dalam rahim.

  1. Mual-mual

Tanda-tanda kehamilan yang paling sering terjadi yaitu rasa mual. Rasa mual atau yang akrab dengan sebutan morning sickness ini sebenarnya biasa terjadi setelah masa kehamilan memasuki usia 6 minggu atau 2 minggu setelah telat haid. Namun untuk sebagian wanita, rasa mual bisa terjadi lebih dini yaitu sekitar satu minggu setelah pembuahan atau sekitar seminggu sebelum menstruasi berikutnya. Rasa mual ini akan hilang setelah trimester pertama, namun sebagian lainnya akan mengalami rasa mual selaa kehamilan penuh.

4 tanda-tanda kehamilan yang telah disebutkan diatas hanya sebagian dari beberapa tanda kehamilan yang biasa terjadi pada awal kehamilan seorang wanita. Beberapa tanda lain seperti payudara nyeri, sering buang air kecil, sering pusing hingga selalu merasa kelelahan juga bisa dijadikan tanda Anda mengalami kehamilan. Namun untuk mengetahui secara pasti, tak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter kandungan.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *