3 Faktor Utama Kehamilan Yang Tidak Terdeteksi Test Pack

Kehamilan yang tidak terdeteksi test pack ternyata bisa saja terjadi. Kejadian ini pasti akan membuat Anda kecewa, terlebih jika sudah lama menantikan buah hati ada di dalam kandungan. Beberapa orang bahkan baru mengetahui bahwa mereka hamil saat usia kandungan sudah menginjak 3 bulan. Lantas faktor apa yang membuat kehamilan bisa sampai tak terdeteksi oleh test pack? Berikut sedikit ulasannya!

Kehamilan Yang Tidak Terdeteksi Test

  1. Pengecekan terlalu dini

Penggunaan test pack terlalu dini ternyata bisa mengakibatkan hasil tes kehamilan menjadi negatif. Misalkan, Anda langsung melakukan tes kehamilan setelah sehari melakukan hubungan intim. Hasil tes yang negatif ini bisa terjadi lantaran pembuahan memang belum terjadi. Waktu terbaik untuk melakukan pengecekan kehamilan dengan menggunakan test pack yaitu 10 hingga 15 hari setelah siklus menstruasi mengalami keterlambatan atau 1 hingga 3 minggu setelah berhubungan intim terakhir kalinya.

  1. Sampel urine tercemar

Sampel urine yang sudah tercemar ternyata juga bisa mengakibatkan kehamilan yang tidak terdeteksi test pack. Tercemarnya air urine ini bisa terjadi karena kontaminasi air, sabun bahkan debu saat memasukkan urine ke dalam wadah. Karena kontaminasi ini, pengukuran hCG oleh test pack bisa menjadi tidak akurat. Oleh karena itu, sebelum melaukan tes kehamilan menggunakan test pack, ada baiknya untuk menyiapkan sampel urine yang higienis.

  1. Terlalu lama mencelupkan test pack dalam urine

Test pack memang baru bisa bekerja jika dikombinasikan dengan urine. Namun hal ini tidak berarti jika Anda harus menggunakan urine dengan kadar yang banyak sekaligus saat melakukan tes kehamilan. Terkadang, beberapa orang malas untuk membaca instruksi di kemasan sebelum menggunakan alat tersebut. Alhasil, ada yang mencelupkan test pack terlalu lama dalam urine yang telah tersedia. Hasilnya justru menjadi tidak akurat, bisa menjadi negatif atau positif palsu.

Itulah 3 faktor yang bisa mengakibatkan kehamilan yang tidak terdeteksi test pack. Sebenarnya masih ada beberapa faktor lain yang bisa mengakibatkan hasil tes kehamilan menjadi negatif. Untuk itu, sebelum melakukan pengecekan kehamilan menggunakan test pack, ada baiknya untuk mengumpulkan informasi dan membaca instruksi yang ada di kemasan alat terlebih dahulu.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *